LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI: Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta Desa Purwomartani Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman

Vernando Viky Fandi, Vernando Viky Fandi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI: Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta Desa Purwomartani Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
Vernando Viky Fandi 12102244020 PLS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wahana bagi seorang calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. PPL di BBPPKS Yogyakarta ini dilaksanakan mulai dari proses penerjunan yaitu pada tanggal 11 Agustus hingga penarikan pada tanggal 11 September 2015. Pendidikan Luar Sekolah (PLS) adalah jurusan yang menghasilkan tenaga akademis yang dituntut mampu mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan masyarakat, mendesain, mengelola, mengembangkan, mengevaluasi serta mengendalikan mutu program. Oleh karena itu, salah satu kegiatan PPL PLS relevan dengan program yang ada di BBPKS. Seperti program setting lembaga dan setting masyarakat yang ada di bidang Instalasi Laboratorium Pekerja Sosial. Selain itu, adanya program di bidang penyelenggara diklat yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki mahasiswa PLS. Berdasarkan kompetensi mahasiswa PLS dan program yang ada di instalasi laboratorium pekerja sosial maka penulis melakukan kegiatan desain bimbingan teknis dan manajemen diklat. Kegiatan desain bimbingan teknis untuk program setting masyarakat diawali dengan pembuatan instrumen Training Need Assement (TNA) kemudian pelaksanaan TNA di Desa Srimartani, Piyungan, Bantul. Setelah diperoleh data dari kegiatan TNA dilakukan analisis terhadap masalah, sumber dan potensi. Sehingga dari analisis, penulis merancang desain kurikulum sesuai dengan hasil analisis kebutuhan untuk menjadi pedoman dalam kegiatan bimbingan teknis yang akan dilakukan. Dalam kegiatan penyelenggaraan diklat penulis dilibatkan dalam tiga bagian penyelenggaraan yaitu panitia, pendamping kelas dan Co-Fasilitator. Penulis diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan diklat. Dengan demikian, dari kegiatan PPL PLS di BBPPKS mahasiswa dapat mengetahui lebih dalam dan luas tentang dunia kerja di Pendidikan Luar Sekolah. Sehingga mahasiswa menjadi semakin termotivasi dan yakin akan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi kePLS-an yang dimiliki.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PLS, Desain Program, Manajaemen Diklat
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 12 Jul 2016 06:34
Last Modified: 12 Jul 2016 06:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36169

Actions (login required)

View Item View Item