PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SEQIP (SCIENCE EDUCATION QUALITY IMPROVEMENT PROJET) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N NGEBUNG BERAN KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA

Mustikasari, Hanifah (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SEQIP (SCIENCE EDUCATION QUALITY IMPROVEMENT PROJET) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N NGEBUNG BERAN KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Hanifah Mustikasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media SEQIP (Science Education Quality Improvement Project) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD N Ngebung Beran, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N Ngebung Beran tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan instrumen tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media SEQIP (Science Education Quality Improvement Project) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD N Ngebung Beran, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji-t yaitu nilai t sebesar 2,773 dan sig 0,009. Nilai sig menunjukkan lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil post test antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hal tersebut juga ditunjukkan dari rata-rata hasil post test yaitu kelompok kontrol sebesar 70,25 dan kelompok eksperimen sebesar 79,85. Kata kunci: SEQIP (Science Education Quality Improvement Project), hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jul 2016 06:34
Last Modified: 30 Jan 2019 09:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36168

Actions (login required)

View Item View Item