PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA LOTO PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA TAMANAGUNG II KECAMATAN MUNTILAN

Heni Dwi, Sulistiana (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA LOTO PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA TAMANAGUNG II KECAMATAN MUNTILAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI - HENI DWI SULISTIANA (12111241005).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media loto pada anak kelompok A. Dalam penelitian ini kemampuan yang dinilai adalah mengenal lambang bilangan 1-10. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian ini adalah semua anak kelompok A TK ABA Tamanagung II Kecamatan Muntilan yang berjumlah 21 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan melalui media loto. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan hasil dokumentasi yang berupa RKH (Rencana Kegiatan Harian), foto kegiatan, dan LKA (Lembar Kerja Anak).Sedangkan analisis data dilakukan menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media loto dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase pada setiap indikator yang dinilai. Pada indikator mengenal dan mengurutkan lambang bilangan 1-10 persentase pratindakan adalah 38,09% meningkat pada Siklus I menjadi 57,14% kemudian meningkat menjadi 85,71% pada Siklus II. Kemudian pada indikator menunjukkan lambang bilangan 1-10 persentase pratindakan adalah 47,61% meningkat pada Siklus I menjadi 64,28% kemudian meningkat menjadi 85,71 pada Siklus II. Kemudian indikator ketiga yaitu meniru dan menulis lambang bilangan 1-10 persentase pratindakan adalah 42,85% meningkat pada Siklus I menjadi 64,28% kemudian meningkat menjadi 80,95% pada Siklus II. Pada indikator menghubungkan/ memasangkan lambang bilangan 1-10 dengan benda persentase pratindakan adalah 38,09% meningkat pada Siklus I menjadi 69,04% kemudian meningkat menjadi 85,71% pada Siklus II. Dari perolehan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan dapat ditingkatkan melalui media loto. Kata kunci: lambang bilangan, media loto

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 12 Jul 2016 06:24
Last Modified: 30 Jan 2019 09:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36160

Actions (login required)

View Item View Item