PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO “DIVA THE SERIES” TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A TK ABA KUNCEN II YOGYAKARTA

Reni, Kusumadana (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO “DIVA THE SERIES” TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A TK ABA KUNCEN II YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video terhadap kecerdasan emosional anak usia sini di TK ABA Kuncen II Yogyakarta.Video yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Diva the Series”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test post-test.Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A TK ABA Kuncen II Yogyakarta yang berjumlah 20 anak.Obyek penelitian ini adalah Kecerdasan Emosional.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes dan observasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah dengan menghitung mean pre-test danmean post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian video “Diva the Series” meningkatkan kecerdasan emosional anak kelompok A TK ABA Kuncen II Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan meanpre-test dan mean post-test yang meningkat dari 19,100 menjadi 26,500. Peningkatan mean berarti kecerdasan emosional anak meningkat dengan melihat video yang diberikan. Kata kunci: media video, kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 12 Jul 2016 06:17
Last Modified: 30 Jan 2019 09:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36158

Actions (login required)

View Item View Item