KETERAMPILAN MENGANYAM PADA ANAK TK KELOMPOK B GUGUS II KECAMATAN PENGASIH KULON PROGO

Yatra Reski, Ardina (2016) KETERAMPILAN MENGANYAM PADA ANAK TK KELOMPOK B GUGUS II KECAMATAN PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Yatra Reski Ardina_12111241011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menganyam anak TK kelompok B gugus II Kecamatan Pengasih Kulon Progo. TK yang diteliti yaitu TK Pamardi Putra I, Pamardi Putra III, dan TK Kencana Putra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif jenis survei. Subjek penelitian ini adalah anak TK kelompok B. Objek penelitian ini adalah keterampilan menganyam. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan penelitian sampel dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan skor persentase yang menghitung seberapa besar keterampilan menganyam anak TK kelompok B gugus II pada masing-masing aspek yang diteliti. Aspek yang diteliti dalam penelitian ini adalah kecepatan, ketepatan, dan kelentukan dalam kegiatan menganyam. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata keterampilan menganyam anak TK Kelompok B Gugus II Kecamatan Pengasih menunjukan hasil persentase yang berbeda-beda dalam setiap aspeknya. Pada aspek kecepatan sebesar 89,54%, sedangkan aspek ketepatan menunjukan persentase sebesar 91,30%, dan aspek kelentukan sebesar 92,12%. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa rata-rata semua aspek yang telah dicapai pada keterampilan menganyam anak TK Kelompok B Gugus II Kecamatan Pengasih termasuk dalam kategori sangat baik. Kata kunci: keterampilan menganyam, anak TK Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 12 Jul 2016 06:14
Last Modified: 30 Jan 2019 09:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36154

Actions (login required)

View Item View Item