PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS V SD SE-GUGUS 01 KRETEK

Fatchiyah, Fatchiyah (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS V SD SE-GUGUS 01 KRETEK. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Fatchiyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif model Problem Based Leaning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SD se-gugus 01 Kretek. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang masih kurang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Desain yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model PBL sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 196 siswa kelas V SD se-gugus 01 Kretek. Sampel diambil dengan teknik purposive cluster random sampling sehingga diperoleh sampel siswa kelas VA SD 1 Kretek untuk kelas eksperimen dan siswa kelas VA SD 2 Donotirto untuk kelas kontrol masing-masing sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen observasi dan tes divalidasi oleh expert judgement kemudian instrument tes diuji cobakan. Butir soal tes dikatakan valid apabila rhitung pada kolom Corrected Item-Total Correlation lebih besar dari 0,3. Reliabilitas instrument dihitung menggunakan rumus alpha sehingga diperoleh koefisien sebesar 0,828. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik parametrik yang terdiri dari uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis (T-test). Data yang diperoleh diolah dengan SPSS. 20 for Windows pada taraf signifikansi 5%. Nilai rata-rata pretest di kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 67,66 dan kelas kontrol 68,00.Nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 86,66 > 82,33. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang belajar menggunakan model PBL. Kata kunci: model problem based learning, kemampuan berpikir tingkat tinggi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jul 2016 06:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36148

Actions (login required)

View Item View Item