Siska Kartikasari, Siska Kartikasari (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 4 GAMPING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN SISKA fiks.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I - III siska.pdf Download (496kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 di SMP Negeri 4 Gamping yang berlokasi di Jl. Ambar Ketawang Sleman, Yogyakarta. Praktik pengalaman lapangan ini dimulai dari 10 Agustus sampai 12 September 2015. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Sebelum kegiatan PPL ini berjalan di lokasi, semua mahasiswa wajib menempuh mata kuliah microteaching. Kegiatan awal dalam PPL ini adalah observasi kelas, kelas yang diobservasi adalah kelas VIII F. Kegiatan obeservasi ini bertujuan memberikan pengalaman awal tentang situasi kelas, kegiatan yang kedua adalah persiapan, dalam persiapan ini ada yang sifatnya administratif dan persiapan yang sifatnya personal. Persiapan yang sifatnya administratif berupa konsultasi dalam penyusunan RPP yang terkait dengan materi, metode, dan media yang akan digunakan, sedangkan yang sifatnya personal adalah mempersiapkan fisik dan mental. Inti kegiatan praktik pengalaman lapangan ini terdiri dari dua yaitu praktik mengajar dan membuat administrasinya. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 4 Gamping , penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas VIII C, VIII D, VII E, dan VIII F. Praktikan melakukan praktek mengajar pokok di kelas setiap hari Senin jam ke-6 dan 7, Selasa jam ke-3 sampai 8, Rabu jam ke-1-2 5-6, Kamis jam ke-1-2 5-7, Jumat jam ke-3-5, Sabtu jam ke-3-6 dalam setiap minggunya. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan menggunkan media power point, juga beberapa contoh artikel dari ensiklopedia, buku telepon, dan beberapa contoh surat dinas dan gambar denah, sedangkan metode atau strategi pembelajaran yang digunakan berupa diskusi, tanya jawab dan permainan. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan yang berupa praktik mengajar, situasi pembelajaran secara umum dapat terkendali, interaksi belajar mengajar dapat terkondisikan, akan tetapi masih ada banyak kekurangan dan tindak lanjut yang perlu untuk diperbaiki di masa yang akan datang. Besarnya dukungan dari sekolah pada mahasiswa PPL sangat membantu mahasiswa dalam menjalankan program-progamnya. Adanya kerjasama, kekompakan, kerja keras, kedisiplinan, tenaga, dana, dan waktu sangat mendukung terlaksananya program-program PPL yang baik.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, mengajar dan kelas |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 12 Jul 2016 04:40 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36122 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |