LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Di SMP NEGERI 04 GAMPING

Septya Nugrahanto, Septya Nugrahanto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Di SMP NEGERI 04 GAMPING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL gamping.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini praktik pengalaman lapangan digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan sebelum menjadi tenaga pendidik. Dalam kesempatan kali ini, penulis melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMP Negeri 4 Gamping yang berlokasi di Jl. Ambar Ketawang Sleman, Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik, Kegiatan awal dalam PPL ini adalah observasi kelas, kelas yang diobservasi adalah kelas VII F. Kegiatan obeservasi ini bertujuan memberikan pengalaman awal tentang situasi kelas, kegiatan yang kedua adalah persiapan, dalam persiapan ini ada yang sifatnya administratif dan persiapan yang sifatnya personal. Persiapan yang sifatnya administratif berupa konsultasi dalam penyusunan administrasi akademik, seperti penyusunan alokasi waktu efektif mengajar, pembuatan program tahunan dan program semerter, serta penyusunan RPP yang terkait dengan materi, metode, dan media yang akan digunakan, sedangkan yang sifatnya personal adalah mempersiapkan fisik dan mental. Inti kegiatan praktik pengalaman lapangan ini terdiri dari dua yaitu praktik mengajar dan membuat administrasinya. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 4 Gamping , penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas VII E dan VII F. Praktikan melakukan praktek mengajar pokok di kelas setiap hari Senin jam ke-2 sampai 5, Selasa jam ke-3 dan 4, Rabu jam ke-3-4 5-6, Kamis jam ke-7 dan 8 dalam setiap minggunya. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan menggunkan media power point, juga beberapa contoh artikel dari internet dan LKS Bahasa Indonesia, KBBI, dan beberapa contoh teks perangkat upacara dan teks dongeng bergambar, sedangkan metode atau strategi pembelajaran yang digunakan berupa diskusi, tanya jawab, gambar berseri dan permainan. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan yang berupa praktik mengajar, situasi pembelajaran secara umum dapat terkendali, interaksi belajar mengajar dapat terkondisikan, akan tetapi masih ada beberapa permasalahan yang dihadapi pada saat pelaksanaan praktik pengalaman lapangan. Seperti kurangnya fasilitas media pembelajaran berupa LCD Proyektor (Liquid Crystal Display Proyektor) pada semua kelas selain itu dalam proses pembelajaran masih sangat rendah tingkat pertisipasi dari siswa selama proses pembelajaran sehingga tak jarang ada beberapa siswa yang sulit untuk dikondisikan dalam pembelajaran di kelas. Untuk itu sangat diperlukan peranan praktikan dalam mengatasi berbagai permasalahan tersebut, antara lain dengan mempersiapkan metode dan media pembelajaran yang menarik sehingga membangkitkan ketertarikan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, mengajar dan kelas
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36118

Actions (login required)

View Item View Item