LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 NGAGLIK Jl. Palagan Tentara Pelajar, Donoharjo, Ngaglik, Sleman Semester Khusus Tahun Akademik 2015/2016 10 Agustus – 12 September 2015

Lia Esti Ratnawati, Lia Esti Ratnawati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 NGAGLIK Jl. Palagan Tentara Pelajar, Donoharjo, Ngaglik, Sleman Semester Khusus Tahun Akademik 2015/2016 10 Agustus – 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu PPL Lia Esti Ratnawati - 12405241041 - P. Geografi.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ngaglik pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Sekolah yang menjadi tujuan PPL beralamat di Jl. Palagan Tentara Pelajar, Donoharjo, Ngaglik, Sleman. Berbagai program PPL telah dilaksanakan. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Kegiatan PPL ini memiliki tujuan untuk pelaksanaan program individu guna mendapatkan suatu pengalaman mengenai proses, metode pembelajaran, serta proses kegiatan yang berkaitan erat dalam dunia kependidikan guna dijadikan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga kependidikan atau guru yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, keterampilan, dan keprofesionalan yang cukup tinggi. Sebelum pelaksanaan program kegiatan PPL dilakukan persiapan terlebih dahulu dengan praktik pembelajaran “Micro Teaching” di bangku perkuliahan. Sedangkan sebelum pelaksanaan program PPL terlebih dahulu diadakan kegiatan observasi ke lapangan yaitu sekolah atau lembaga-lembaga kependidikan yang bersangkutan. Hasil Observasi tersebut kemudian dijadikan sebagai pedoman dalam pembuatan program kerja kelompok maupun individu. Kegiatan PPL yang dilakukan oleh praktikan yaitu praktik mengajar kelas X dan kelas XI IPS mata pelajaran Geografi, yang dijadikan sebagai bekal guna persiapan menghadapi dunia kependidikan di sekolah sebagai seorang tenaga guru atau tenaga kependidikanmetode pembelajaran yang dilakukan di kelasantara lain ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan permainan. Para mahasiswa PPL 2015 khususnya praktikan memperoleh banyak manfaat, pengalaman, dan bekal yang dapat dijadikan sebagai bahan acuan atau pedoman ketika nanti sudah benar-benar terjun dalam lingkup dunia kependidikan. Dengan adanya pengalaman mengajar merupakan salah satu bentuk kemampuan dan ketrampilan dalam menyampaikan kejelasan materi pembelajaran maupun menyampaikan argumentasi di depan umum sehingga sangat bermanfaat dan berguna sebagai pelengkap teori-teori yang telah didapatkan di bangku perkuliahan. Selain itu, juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak sekolah dan mahasiswa khususnya praktikan guna pengembangan kompetensi. Kegiatan PPL yang merupakan pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Adanya program PPL UNY diharapkan dapat membawa perubahan dalam dunia pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih maju

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, program, hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36111

Actions (login required)

View Item View Item