LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMA N 1 NGAGLIK Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta 5581

Afifah Khaerunnisa Purnama, Afifah Khaerunnisa Purnama (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMA N 1 NGAGLIK Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta 5581. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL PDF AFIFAH KHAERUNNISA PURNAMA.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta PPL untuk mempraktikan teori yang telah diperoleh selama pembelajaran di kampus. Kegiatan PPL ini juga dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas serta manajerial di sekolah. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMA Negeri 1 Ngaglik. SMA N 1 Ngaglik berlokasi di Dusun Kayunan, Kelurahan Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, merupakan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Program PPL di SMA N 1 Ngaglik dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA N 1 Ngaglik , praktikan mengajarkan materi Fisika kelas XD, XE, dan XF semester gasal. Mahasiswa melakukan praktek mengajar dikelas setiap hari Senin jam ke 4, hari Selasa jam ke 5 – 6 dan jam ke-7, hari Rabu jam ke 4 – 5, 6 – 7, dan jam ke-8. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, pembuatan beberapa perangkat pembelajaran, seperti RPP, silabus, penentuan KKM, penentuan SK-KD, program semester, dan lain-lain. Selain itu mahasiswa mengalami proses pembelajaran dan pengelolaan kelas secara langsung. Praktikan telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi yang digeluti, yaitu fisika. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, ceramah, presentasi, demonstrasi, serta praktikum. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain LCD dan beberapa alat praktikum. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, seperti kesulitan dalam hal pengelolaan kelas. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas. Program PPL ini selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, perangkat pembelajaran, metode pembelajaran, transfer of knowledge, transfer of value.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 12 Jul 2016 03:55
Last Modified: 12 Jul 2016 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36108

Actions (login required)

View Item View Item