LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMA N 1 NGAGLIK Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, Sleman

Lailul Hidayah Nursarah, Lailul Hidayah Nursarah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMA N 1 NGAGLIK Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAILUL HIDAYAH N.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus merupakan mata kuliah lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PPL menjadi kesempatan bagi mahasiswa sebagai calon pendidik untuk mendapatkan pengalaman mengajar di sekolah baik mendidik, pemenuhan administrasi guru, maupun kegiatan lain yang dilaksanakan oleh guru di sekolah. Mahasiswa mengajarkan materi yang diperoleh selama perkuliahan ke sekolah. Penulis melaksanakan PPL selama 5 minggu sejak 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015 di SMA N 1 Ngaglik. SMA 1 Ngaglik berlokasi di Dusun Kayunan, Kelurahan Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan kegiatan non mengajar di kelas. Kegiatan persiapan meliputi praktik mikro, pembekalan, kegiatan observasi di sekolah dan pembuatan matriks program PPL. Praktek mengajar diawali dengan pemenuhan administrasi guru meliputi tugas jaga guru, pemenuhan standar proses, dan standar penilaian. Kegiatan pembelajaran dengan mengajar di dalam kelas secara mandiri terbimbing dan team teaching. Kegiatan non mengajar meliputi pendampingan ekstrakurikuler pramuka dan pendampingan praktikum biologi. Kegiatan lain yang telah terlaksana antara lain pemenuhan kelengkapan tata usaha sekolah, pendampingan kegiatan siswa di luar sekolah, kegiatan membantu guru pembimbing, penulisan laporan PPL, pelepasan mahasiswa PPL, dan evaluasi. SMA Negeri 1 Ngaglik menerapkan Kurikulum 2006 (KTSP) sehingga penulisan standar proses dan standar penilaian untuk mengajar berdasarkan kurikulum dan standar yang digunakan oleh sekolah. Penulis melaksanakan kegiatan mengajar untuk kelas XI IPA 1 sebanyak 1 kali, XI IPA 2 sebanyak 2 kali, dan XI IPA 3 sebanyak 10 kali (8 kali pembelajaran, 1 kali ulangan harian, serta 1 kali program remidi dan pengayaan). Penulis mengajar materi KD 2.1 Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Kegiatan mengajar secara terbimbing dengan didampingi guru pembimbing. Selain mengajar secara individu, Penulis juga melaksanakan pengajaran secara Team teaching dengan teman sejawat untuk kelas XD dan XF materi ruang lingkup biologi dan virus. Pendekatan Pembelajaran yang Penulis gunakan adalah Pendekatan Induktif. Model Pembelajaran yaitu metode inkuiri dan metode kooperatif STAD. Metode Pembelajaran beragam yaitu pengamatan gambar, pengamatan video, diskusi, dan tanya-jawab. Pembelajaran dapat terlaksana, namun dengan beberapa hambatan. Hambatan pada karakter belajar siswa yang cenderung lambat sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama, kurangnya kesadaran belajar biologi, serta tanggungjawab dan kedisipilan yang rendah terutama dalam pengumpulan tugas. Kegiatan PPL yang dapat terlaksana ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas serta dapat mempererat hubungan antara UNY dengan sekolah lokasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2015, SMA Negeri 1 Ngaglik, Biologi, Jaringan Tumbuhan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 03:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36107

Actions (login required)

View Item View Item