LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMA N 1 NGAGLIK Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, Sleman Semester Khusus Tahun Akademik 2015/2016 10 Agustus – 12 September 2015

Novian Gangga Kurniawan, Novian Gangga Kurniawan (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMA N 1 NGAGLIK Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, Sleman Semester Khusus Tahun Akademik 2015/2016 10 Agustus – 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NOVIAN GANGGA KURNIAWAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktek Bimbinngan dan Konseling di sekolah dimaksudkan agar mahasiwa dapat mempraktekkan teori yang diperoleh selama kuliah, sehingga memperoleh ketrampilan khusus sesuai dengan keahlian dalam profesi Bimbinngan dan Konseling. Pada kesempatan ini praktikan ditugaskan di SMA N 1 Ngaglik dari 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015. Program Layanan Bimbingan dan Konseling yang telah terlaksana di SMA N 1 Ngaglik antara lain; Bimbingan Klasikal terlaksana sebanyak 29 kali masuk kelas, layanan orientasi terlaksana sebanyak 1 kali, layanan informasi terlaksana berupa pembuatan poster dan papan bimbingan, Bimbingan Kelompok terlaksana 1 kali, Konseling Individu terlaksana dengan adanya 2 konseli, Home Visit terlaksana 1 kali, need asessment dilakukan dengan metode IKMS di 8 kelas, penyebaran sosiometri dan pembuatan sosiogram di 1 kelas serta kolaborasi baik dengan guru maupun dengan orang tua. Hambatan-hambatan pelaksanaan program PPL antara lain siswa lebih tertarik dengan metode games, siswa sering mengobrol ketika bimbingan klasikal, praktikan kesulitan dalam menghafal siswa, kurangnya kesadaran siswa dalam membaca papan bimbingan, bimbingan kelompok kurang maksimal karena terbatasnya waktu pertemuan. Adapun Cara mengatasi hambatan tersebut sebagai berikut penyampaian materi diiringi games dan lebih bervariatif, praktikan lebih bersabar dalam menghadapi siswa, praktikan menyadari sepenuhnya bahwa karakter dan kemampuan siswa tidak sama, selalu berkeliling kelas untuk mengontrol siswa yang ramai praktikan mengajak ngobrol siswa saat istirahat, praktikan membagikan sticker “BK is a friend” dan mengajak siswa untuk gemar membaca.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SMAN 1 Ngaglik PPL UNY 2015, Bimbingan dan Konseling
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 03:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36097

Actions (login required)

View Item View Item