LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015/2016 SD NEGERI KARANGJATI, PLOSOKUNING, MINOMARTANI

Wahyu Priyadi, Wahyu Priyadi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015/2016 SD NEGERI KARANGJATI, PLOSOKUNING, MINOMARTANI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
WAHYU PRIYADI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang terintegrasi untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa program pendidikan sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melaksanakan tugas-tugas kependidikan, dalam hal ini guru atau tenaga pendidik yang meliputi kegiatan praktik mengajar, dan kegiatan non kependidikan. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 6 kali yang dilaksanakan pada tanggal 18, 20, 22, 24, 26, 29 Agustus 2015 dan ujian praktik mengajari sebanyak 1 kali yang dilaksanakan tanggal 3 September 2015. Praktik mengajar terbimbing dan ujian praktik ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan dan pembuatan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi Micro Teaching, pembekalan PPL, observasi sekolah, mengumpulkan materi ajar, mempelajari silabus, menyusun RPP dan pembuatan media. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing dan ujian mengajar. Tahap analisis hasil berisi hasil, hambatan, solusi, dan refleksi. Pada pelaksanaan program PPL di SD Negeri Karangjati berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, semua mampu teratasi berkat kerjasama yang baik antara mahasiswa PPL dan pihak sekolah. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. Setelah kegiatan PPL selesai, praktikan mendapatkan pemahaman bahwa menjadi seorang guru penjas bukanlah pekerjaan yang mudah apalagi menjadi seorang guru penjas SD. Sifat dan karakteristik anak yang berbeda serta masih tergantung dengan orang tuanya membuat perkerjaan seorang guru penjas SD menjadi sulit. Materi dan proses transfer ilmu yang diberikan oleh seorang guru haruslah dikemas secara menarik, sehingga dalam mengikuti pelajaran siswa menjadi semangat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar Terbimbing, Praktik Mengajar Mandiri, Ujian Praktik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 03:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36094

Actions (login required)

View Item View Item