LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015/2016 SD NEGERI KARANGJATI, PLOSOKUNING, MINOMARTANI KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Boma Widhi Nugroho, Boma Widhi Nugroho (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015/2016 SD NEGERI KARANGJATI, PLOSOKUNING, MINOMARTANI KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BOMA WIDHI NUGROHO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang terintegrasi untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa program pendidikan sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melaksanakan tugas-tugas kependidikan, dalam hal ini guru atau tenaga pendidik yang meliputi kegiatan praktik mengajar, dan kegiatan non kependidikan. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 4 kali yang dilaksanakan pada tanggal 19, 22, 25, dan 31 Agustus 2015 dan ujian praktik mengajar sebanyak 2 kali yang dilaksanakan tanggal 4 dan 5 September 2015. Praktik mengajar terbimbing dan ujian praktik ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan dan pembuatan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi Micro Teaching, pembekalan PPL, observasi sekolah, mengumpulkan materi ajar, mempelajari silabus dan menyusun RPP. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing dan ujian mengajar. Tahap analisis hasil berisi hasil, hambatan, solusi, dan refleksi. Pada pelaksanaan program PPL di SD Negeri Karangjati, Minomartani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta berjalan dengan lancar. PPL dilaksanakan sejak tanggal 10 Agustus 2015 hingga tanggal 12 September 2015. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh mahasiswa-mahasisiwi PPL, semua mampu teratasi berkat kerjasama yang baik antara mahasiswa PPL dan pihak sekolah. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di SD Negeri Karangjati. Setelah kegiatan PPL selesai, praktikan mendapatkan pemahaman bahwa menjadi seorang guru bukanlah pekerjaan yang mudah apalagi menjadi seorang guru SD. Banyak teori yang harus dikerjakan dan dipraktekan pada saat mengajar serta harus menyesuaikan karakteristik peserta didik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar Terbimbing, Praktik Mengajar Mandiri, Ujian Praktik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 02:39
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36081

Actions (login required)

View Item View Item