LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 SMP NEGERI 2 DEPOK - SLEMAN Jalan Dahlia PErumnas Condongcatur Depok - Sleman

Lukman Heriyanto, Lukman Heriyanto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 SMP NEGERI 2 DEPOK - SLEMAN Jalan Dahlia PErumnas Condongcatur Depok - Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12601244147_Lukman Heriyanto_PJKR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh setiap mahasiswa di semua jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta yang bertujuan membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa keterampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat mempelajari dan mengenal permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata. Mahasiswa juga dapat belajar dari lembaga sekolah sekaligus dapat menyumbangkan pemikiran dan tenaga guna pengembangan lembaga pendidikan yang bersangkutan. Kegiatan PPL terbagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar dan pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan dimulai dari observasi yang dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2015. Selanjutnya mahasiswa menempuh mata kuliah mikro teaching yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam mengajar. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Depok dimulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi pembuatan RPP, pembuatan media, praktik mengajar dan penilaian, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Dalam praktik mengajar, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengajar mata pelajaran Pendidikan Jasmnai Olahraga dan Kesehatan di kelas VII, dan VIII dengan jumlah mengajar sebanyak 24 kali pertemuan. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan dengan cara mengajar terbimbing. Dalam pelaksanaanya, program PPL dapat berjalan lancar, namun mahasiswa juga mengalami sedikit hambatan dalam pelaksanaannya. Tetapi kendala tersebut dapat teratasi berkat hubungan baik dengan guru pembimbing dan pihak sekolah. Kelancaran pelaksaan PPLUNY 2015 ini tidak lepas dari adanya kerjasama yang baik antara mahasiswa, guru, karyawan, dan siswa siswi SMP Negeri 2 Depok. Dari pelaksanaan kegiatan PPL dapat disimpulkan, kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan ketrampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 01:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36062

Actions (login required)

View Item View Item