LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 DEPOK

Dian Puspita, Dian Puspita (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12313244023_Dian Puspita_Pend Matematika.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik. Melalui kegiatan PPL, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh mahasiswa selama perkuiahan dapat diaplikasikan pada pembelajaran di sekolah tempat PPL/ Magang III. Kegiatan PPL/ Magang III dilakukan penulis di SMP Negeri 2 Depok. Penerjunan mahasiswa PPL/ Magang III dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015. dan penarikan pada tanggal 12 September 2015. Kegiatan yang dilaksanakan selama PPL/ Magang III adalah mengajar terbimbing dan membuat administrasi guru. Dalam pelaksanaan mengajar terbimbing penulis mendapatkan bimbingan dari guru mata pelajaran matematika yaitu Bapak Suharno, S.Pd. Sedangkan kelas yang diampu dan diberikan kepada penulis adalah kelas VII B dan VII C. Jadwal mengajar kelas VII B setiap hari Senin pukul 08.00-09.40 WIB dan hari Sabtu pukul 07.00 – 08.20 WIB. Kelas VII C setiap hari Selasa pukul 08.40-10.20 dan Sabtu pukul 09.20-11.00 SelamAlokasi waktu untuk satu jam pelajaran adalah 40 menit. Pelajaran matematika di SMP Negeri 2 Depok dilksanakan sebanyak 4 jam pelajaran dalam satu pekan. Selama PPL penulis sudah melakukan praktik mengajar terbimbing sebanyak 14 kali mengajar, 2 kali ulangan harian dan 2 kali remedial. Hal ini sudah memenuhi batas minimal praktik mengajar yaitu sebanyak 4 kali. Metode yang digunakan penulis dalam praktik mengajar antara lain diskusi, simulasi alat peraga, penemuan terbimbing, jigsaw, dan worked example. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain kartu bilangan, potongan pecahan, dan lembar kerja siswa (LKS) yang dibuat oleh penulis. Selain melakukan praktik mengajar, mahasiswa juga menyusun administrasi guru. Administrasi guru meliputi silabus, program semester, program tahunan, KKM, daftar nilai, dan lain-lain. Dalam penyusunan administrasi guru, mahasiswa mendapatkan bimbingan dan arahan dari guru pembimbing. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapatkan pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Mahasiswa juga memperoleh ilmu dalam mengatasi berbagai macam karakter siswa di dalam kelas. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses atas kerjasama dan kerja keras semua pihak. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 2 Depok, pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 01:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36059

Actions (login required)

View Item View Item