Alikul Majda, Alikul Majda (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
![]() |
Text
12416241030_Alikul Majda_Pend IPS.zip Download (11MB) |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Melalui PPL Mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang diperoleh didalam perkuliahan didalam lapangan yakni sekolah guna memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. PPL bertujuan untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat menjadi tenaga professional pendidikan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat Praktik Pengalaman Lapangan ini adalah SMP Negeri 2 Depok yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Wujud pelaksanaan PPL ini adalah mengajar di kelas sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Waktu yang digunakan untuk satu kali tatap muka adalah 2x40 menit. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 4 kali pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 25 pertemuan, sedangkan kelas yang diajar sebanyak 3 kelas, yaitu kelas VII A, VII B, dan VIII B dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain diskusi kelompok, permainan, presentasi, dan penugasan. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain TTS, gambar dan berbagai media lain. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, akan tetapi hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Secara umum pelaksanaan PPL di SMP N 2 Depok berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama yang baik dengan beberapa unsur sekolah seperti Kepala Sekolah, guru, karyawan, dan siswa. Adanya kerjasama, kerja keras, tanggung jawab, serta kedisiplinan sangat mendukung terlaksananya programprogram PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat menciptakan tenaga pendidik yang berkualitas dan profesional.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Proses Pembelajaran |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 12 Jul 2016 01:24 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |