LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 DEPOK

Ardya Fatma Winarni, Ardya Fatma Winarni (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
12312241030_Ardya Fatma Winarn_Pend IPAi.zip

Download (11MB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik. Melalui kegiatan PPL, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh mahasiswa selama perkuiahan dapat diterapkan pada pembelajaran di sekolah tempat PPL. Sekolah yang digunakan sebagai tempat PPL adalah SMP Negeri 2 Depok. PPL dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus – 12 September 2015. Kegiatan PPL ini memberikan pengalaman dan keterampilan tentang proses pembelajaran dan kegiatan administrasi guru. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan praktik mengajar terbimbing di kelas dengan bimbingan dari guru pembimbing yang merupakan guru mata pelajaran. Kegiatan praktik mengajar terbimbing disesuaikan dengan jadwal yang sudah ditentukan dari pihak sekolah. Penulis mendapat jadwal mengajar di kelas VIII C setiap hari Rabu pukul 08.40-09.20 WIB dan hari Kamis pukul 12.00 – 13.20 WIB. Selama PPL penulis sudah melakukan praktik mengajar terbimbing sebanyak 5 kali dan 1 kali ulangan harian, hal ini sudah memenuhi batas minimal praktik mengajar yaitu sebanyak 4 kali. Metode yang digunakan dalam praktik mengajar antara lain percobaan, demonsrasi, diskusi dan tanya jawab. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, lembar kerja siswa (LKS) beserta alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum. Selain melakukan praktik mengajar, mahasiswa juga menyusun administrasi guru dan administrasi laboratorium IPA. Administrasi guru meliputi buku kerja guru 1, buku kerja guru 2 dan buku kerja guru 3. Sedangkan administrasi laboratorium yang mahasiswa susun antara lain yaitu format data ruangan laboratorium, daftar barang, alat dan bahan laboratorium IPA. Dalam penyusunan administrasi guru dan administrasi laboratorium IPA, mahasiswa mendapatkan bimbingan dan arahan dari guru pembimbing. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapatkan pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses atas kerjasam dan kerja keras semua pihak. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 2 Depok, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 01:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36052

Actions (login required)

View Item View Item