LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 SMP NEGERI 2 DEPOK Jl. Dahlia Perumnas Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta

Angelina Prima D., Angelina Prima D. (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 SMP NEGERI 2 DEPOK Jl. Dahlia Perumnas Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
12208241036_Angelina Prima D_Pend Seni Musik.zip

Download (41MB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. PPL berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan di luar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga tidak hanya teoritis saja. Kegiatan PPL ini diawali dengan mata kuliah Mikroteaching sebagai syaratnya. Setelah syarat Mikroteaching lulus, mahasiswa dapat menempuh mata kuliah PPL. Sekolah yang digunakan sebagai tempat kegiatan PPL adalah SMP Negeri 2 Depok, yang dilaksanakan selama kurang lebih 5 minggu mulai dari tanggal 10 Agustus2015 hingga tanggal 12 Agustus 2015. Wujud pelaksanaan PPL ini adalah mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Waktu yang digunakan untuk satu kali tatap muka adalah 3x40 menit. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 6 kali pertemuan, praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 38pertemuan, sedangkan kelas yang diajar sebanyak 8 kelas, yaitu kelas VII terdiri dari VII A dan VII B, kelas VIII terdiri dari VIII B dan VIII D, kelas IX terdiri dari IX A, IX B, IX C, dan IX D dengan 6 RPP menggunakan kurikulum KTSP 2006. Materi yang disampaikan di dalam proses pembelajaran antara lain tentang keragaman, keunikan dan ciri khas Musik Daerah, Musik Nusantara dan Musik Asia. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain diskusi kelompok, permainan, presentasi, penugasan tertulis dan peugasan praktek. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain alat musik gitar, pianika dan recorders, video, gambar dan berbagai media lain. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, akan tetapi hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan kedisiplinan akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Proses Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 01:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36051

Actions (login required)

View Item View Item