LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 SMP NEGERI 2 DEPOK Jl. Dahlia Perumnas Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta

Ratna Sari Dewi, Ratna Sari Dewi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 SMP NEGERI 2 DEPOK Jl. Dahlia Perumnas Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
12208241022_Ratna Sari Dewi_Pend. Seni Musik.zip

Download (39MB)

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori yang sudah didapat pada perkuliahan sebelumnya dan sekaligus mencari ilmu secara empirik serta bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMP Negeri 2 Depok, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga tanggal 12 September 2015. Wujud pelaksanaan PPL ini adalah mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Waktu yang digunakan untuk satu kali tatap muka adalah 3x40 menit. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 6 kali pertemuan, praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 38 pertemuan, sedangkan kelas yang diajar sebanyak 8 kelas, yaitu kelas VII terdiri dari VII C dan VII D, kelas VIII terdiri dari VIII A dan VII C kelas IX terdiri dari IX A IX B IX C dan IX D dengan kurikulum KTSP 2006. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain diskusi kelompok, Permainan, presentasi, dan penugasan. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain Alat musik , video, gambar dan berbagai media lain. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, akan tetapi hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan kedisiplinan akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Proses Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 01:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36048

Actions (login required)

View Item View Item