LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi : SMP N 4 SLEMAN

Nurul Wahdaniah, Nurul Wahdaniah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi : SMP N 4 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. LAPORAN BAB I II III.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoritis yang telah diterima di perkuliahan dan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu yang bersifat faktual. Kegiatan PPL ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan secara profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang digunakan sebagai pendidik. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan praPPL yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing, pembelajaran micro teaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di SMP N 4 Sleman. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung di lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP N 4 Sleman yang beralamatkan di Jalan Turi Km. 3 Trimulyo Sleman, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus hingga 12 September 2015. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL selama kurang lebih satu bulan ini diharapkan dapat dilakukan minimal 6 kali. Pelaksanaan praktik mengajar dilaksanakan di kelas IX A dan IX B dengan berbagai karakteristik anak-anak yang berbeda disetiap kelasnya. Metode yang digunakan yaitu diskusi, tanya jawab, ceramah, dan Praktik. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, yaitu beragam contoh hasil karya seni rupa dan powerpoint. Banyak kendala dan hambatan selama pelaksanaan pembelajaran di kelas, baik yang bersifat intern maupun ekstern. Diantaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit dikendalikan, karena peserta didik sangat aktif dan sangat antusias dalam praktik unjuk kerja sehingga kondisi ramai sulit dikondisikan dengan baik. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), micro teaching, SMP N 4 Sleman.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 00:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36044

Actions (login required)

View Item View Item