LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi: SMP NEGERI 4 SLEMAN

Ganang Yudha Pratista, Ganang Yudha Pratista (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi: SMP NEGERI 4 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, ABSTRAK.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI LAPORAN.pdf

Download (472kB) | Preview

Abstract

PPL bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar bisa melakukan praktik mengajar secara langsung dan dapat memperoleh pengalaman serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi langsung di dunia sekolah, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Kegiatan PPL merupakan sarana dimana mahasiswa dapat menerapkan secara langsung mengenai ilmu yang telah mereka peroleh di universitas baik secara konsep mengajar maupun mengenai administrasi guru. Kegiatan PPL ini juga berfungsi untuk melatih mental mahasiswa dalam menghadapi anak didik secara langsung, hal ini akan memberikan pengalaman yang lebih kepada peserta PPL dan memperluas wawasan dalam proses belajar-mengajar. Dimana hal ini akan sangat bermanfaat disaat peserta didik itu menjadi tenaga pendidik. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang memberikan mahasiswa kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan life skills yang diantaranya adalah pengalaman belajar yang kaya, perluasan wawasan, pengembangan kompetensi yang dibutuhkan dalam bidangnya, peningkatan kreatifitas, ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan menemukan solusi untuk setiap masalah yang dihadapi. Pelaksanaan PPL dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 bertempat di SMP Negeri 4 Sleman. Sesuai dengan hasil observasi yang telah kami lakukan, SMP Negeri 4 Sleman memiliki fasilitas yang cukup memadai, sehingga mahasiswa PPL mencoba menyusun berbagai program kerja sebagai usaha penyempurnaan dari kondisi yang sudah ada. Pelakasaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksaaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksakan setelah konsultasi rencana pelaksaaan pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 4 Sleman, penulis mendapat kesempatan mengajar kelas VII dan VIII yaitu kelas VII A, VII C, dan VIII C Hasil dari pelaksaan PPL yang selama kurang lebih satu bulan di SMP Negeri 4 Sleman ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang Pendidikan Laporan PPL UNY 2015 Page viii Bahasa Inggris yang diperoleh dibangku perkuliahan. Dari pengalaman ini mahasiswa mempunyai saran agar kerjasama dan koordinasi antar pihak sekolah, universitas dan mahasiswa dapat terus terjalin dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Bahasa Inggris, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 00:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36041

Actions (login required)

View Item View Item