PENGEMBANGAN BLTKLT PANDLJAN GURU lYIATA PELAJARAN KIMIA SMA KELAS X SEMESTER 2 BERDASARKAN "KURIKULUM 2004"

Fakhri, Inayati (2010) PENGEMBANGAN BLTKLT PANDLJAN GURU lYIATA PELAJARAN KIMIA SMA KELAS X SEMESTER 2 BERDASARKAN "KURIKULUM 2004". S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN_BLTKLT_PANDLJAN_GURU_lYIATA_PELAJARAN_KIMIA_SMA_KELAS_X_SEMESTER_2_BERDASARKAN.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku panduan guru mata pelajaran kimia SMA kelas X semester 2 berdasarkan "kurikulum 2004". Penelitian ini juga 1?ertujuan untuk meneliti kualitas buku panduan guru berdasarkan penilaian guru kimia SMA sesuai dengan kriteria kualitas buku panduan guru yang telah ditentukan. Buku panduan guru yang disusun merupakan buku panduan guru yang lengkap sehingga dapat digunakan untuk mendampingi buku teks untuk siswa dari penerbit manapun. Pengembangan buku panduan guru ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta ditinjau oleh peer review, ahli media, dan dosen pemberi masukan. Draft buku selanjutnya siap dinilai oleh reviewer, yaitu lima guru kimia SMA di wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya, dengan instrumen umum dan instrumen khusus. Data yang diperoleh dari penilaian reviewer, berupa data kualitatif, selanjutnya diubah menjadi data kuantitatif dengan teknik analisis data deskriptif. Data kuantitatif tersebut ditabulasi dan dianalisis setiap bab dan setiap aspek penilaian. Skor yang diperoleh selanjutnya dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif. Kualitas buku Panduan Guru Mata Pelajaran Kimia SMA Kelas X Semester 2 Berdasarkan "Kurikulum 2004" dari bab I - IV dengan instrumen umum secara berturut-turut adalah 127 (90,71%); 121,2 (86,57%); 125 (89,28%); dan 123 (87,86%), dan dengan instrumen khusus secara beriurut-turut adalah 8,6 (86%); 9,4 (94%); 12,8 (85,3%); dan 4,4 (88%). Skor rata-rata tersebut selanjutnya dirata-rata menjadi skor rata-rata penilaian kualitas buku panduan guru secara keseluruhan, dengan instrumen umum dan instrumen khusus secara beriurut-turut sebesar 124,05 (88,61%) dan 35,2 (88%). Berdasarkan kriteria kategori penilaian ideal, maka buku panduan guru yang dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) sehingga dapat digunakan sebagai sumber acuan guru dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 09 Aug 2012 03:42
Last Modified: 29 Jan 2019 15:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3601

Actions (login required)

View Item View Item