LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN di SLB RELA BHAKTI I GAMPING

SitiNi’mah, SitiNi’mah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN di SLB RELA BHAKTI I GAMPING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1) cover, kata pengantar, hal pengesahan, abstrak, daftar is.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2) BAB I, III, III.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program yang dirancang untuk melatih mahasiswa calon guru dalam mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2015 yang berlokasi di SLB Rela Bhakti I Gamping dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 6 mahasiswa yang semuanya berasal dari program pendidikan luar biasa. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar disatu kelas. Praktik mengajar yang dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan diawali dari melakukan observasi, persiapan mengajar dan pelaksanaan. Pelaksanaan mengajar harus disertai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan oleh sekolah yaitu kurikulum 2013. Penilaian dan bimbingan praktik mengajar diberikan langsung oleh guru kelas dan guru pembimbing lapangan. Selain kegiatan mengajar selama pelaksanaan PPL, mahasiswa juga melakukan kegiatan lain yaitu kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak sekolah seperti pramuka, senam, menari, membatik, upacara bendera, lomba kemerdekaan RI, dan ketrampilan memasak. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini bermanfaat bagi mahasiswa dalam memperluas wawasan mahasiswa tentang tugas pendidik, kegiatan persekolahan dan kegiatan lain yang menunjang kelancaran proses pembelajaran di sekolah. Mahasiswa mendapat pengalaman baru untuk mendidik dan memberikan pembelajaran secara langsung kepada anak didik berkebutuhan khusus.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 05:22
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35985

Actions (login required)

View Item View Item