LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 SMP NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN Jangkang, Widodomartani, Ngemplak, Sleman Kode Pos: , Telp: (0274) 885664

Tiara Rusnanda Putri, Tiara Rusnanda Putri (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 SMP NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN Jangkang, Widodomartani, Ngemplak, Sleman Kode Pos: , Telp: (0274) 885664. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
11. TIARA RUSNANDA PUTRI_12313244020_PEND. MAT.INTER.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktek yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan pembelajaran disekolah. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ngemplak, tepatnya di Jangkang, Widodomartani dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 dan diakhiri pada tanggal 12 September 2015. Kegiatan PPL terbagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar dan pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan dimulai dari observasi yang dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2015. Selanjutnya mahasiswa menempuh mata kuliah micro teaching di kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam mengajar. Sebelum mengajar, mahasiswa juga harus mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Dalam kegiatan PPL, selain mengajar praktikan juga mendampingi penampilan drumband untuk kegiatan parayaan hari kemerdekaan. Pada kegiatan PPL berlangsung, praktikan telah menyelesaikan 5 RPP dengan jumlah pertemuan sebanyak 10 kali. Praktikan mengajar kelas VIII D dan ikut pendampingan pengajaran di kelas VIII C. Dalam proses pembelajaran, praktikan menggunakan media berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada 2 kali pertemuan. Alat-alat yang digunakan sebagai media antara lain LKS, kertas Planno, spidol, mika, lem dan alat tulis lainnya. Selama proses pembelajaran praktikan juga tidak lupa dalam menyelenggarakan kuis pada awal materi maupun akhir materi. Kuis ini berguna untuk mempermudah praktikan mengetahui pengetahuan awal dan akhir siswa sebelum dan sesudah menerima materi. Tak hanya itu, kuis awal juga diselenggarakan agar siswa lebih siap untuk menerima materi baru. Setelah materi diselesaikan, praktikan mengadakan sebuah evauasi berupa ulangan harian. Bentuk soal yakni pilihan ganda sebanyak 20 soal. Waktu pengerjaan selama 80 menit dengan KKM 75. Setelah proses analisis nilai ulangan selesai, maka didapatlah data kelulusan KKM. Enam dari 32 siswa tidak lulus KKM. Pada saat melaksanakan kegiatan PPL, guru pendamping dan Dosen Pembimbing Lapangan selalu memberikan evaluasi dan saran tentang cara mengajar yang baik, seperti cara mengatur kelas, cara menerangkan materi, penggunaan simbol pada kalimat matematika dan sebagainya. Untuk itu, dalam kegiatan PPL ini, praktikan masih perlu banyak belajar, terutama pada kegiatan manajemen kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, proses pembelajaran, evaluasi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 05:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35978

Actions (login required)

View Item View Item