LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 SMP NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN Jangkang,Widodomartani, Ngemplak, Sleman Kode Pos:, Telp: (0274) 885664

Dwi Nurhayati, Dwi Nurhayati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 SMP NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN Jangkang,Widodomartani, Ngemplak, Sleman Kode Pos:, Telp: (0274) 885664. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10. DWI NURHAYATI_12313244007_PEND. MAT.INTER.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktek yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan pembelajaran disekolah. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ngemplak, tepatnya di Jangkang, Widodomartani. Kegiatan PPL terbagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar dan pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan dimulai dari observasi yang dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2015. Selanjutnya mahasiswa menempuh mata kuliah micro teaching di kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam mengajar. Tahap pelaksanaan mengajar dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 dan berakhir tanggal 12 September 2015. Praktikan melakukan praktik mengajar di kelas VIII C dalam mata pelajaran matematika. Tatap muka di kelas dilakukan sebanyak 10 kali dengan 9 kali mengajar dan 1 kali ulangan harian. Dalam praktik mengajar, praktikan beberapa kali menggunakan kuis sebagai kegiatan apersepsi dan evaluasi. Media pembelajaran yang digunakan berupa LKS yang menunjang proses pembelajaran. Selain itu praktikan juga membuat media pembelajaran dari plastik mika yang didesain untuk materi faktorisasi bentuk aljabar dengan faktor yang sama. Pada pertemuan terakhir, praktikan mengadakan ulangan harian sebagai evaluasi dari pembelajaran. Hasil dari ulangan harian yang telah dilakukan cukup baik. Dari 32 siswa hanya 5 siswa yang mendapat nilai dibawah KKM serta terdapat 3 siswa yang mendapat nilai 100. Langkah selanjutnya yang dilakukan praktikan adalah membuat program perbaikan individu. Program perbaikan individu akan dilaksanakan oleh guru mata pelajaran. Guru mata pelajaran juga memberikan evaluasi terhadap praktikan tentang proses pembelajaran selama PPL. Evaluasi yang diberikan yaitu tentang pengelolaan kelas. Praktikan masih kurang dalam pengelolaan kelas. Praktikan masih terlalu berfokus pada materi pembelajaran dan hanya memperhatikan siswa yang berada didepan. Siswa yang berada dibelakang dan tidak berkonsentarasi pada pembelajaran kurang mendapat perhatian. Namun, dalam penyampaian materi sudah cukup baik dan tidak ada masalah. Evaluasi dan masukkan yang diberikan oleh guru pamong sangat bermanfaat serta diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran untuk perbaikan kedepannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 05:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35977

Actions (login required)

View Item View Item