LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI : SMK KARYA RINI YHI KOWANI

Wildan Isnini Yahya, Wildan Isnini Yahya (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI : SMK KARYA RINI YHI KOWANI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_SMK KARYA RINI_WILDAN ISNIANI YAHYA_12104244007_FIP_BK.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bidang bimbingan dan konseling telah dilaksanakan di SMK Karya Rini YHI KOWANI selama satu bulan. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah memeberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah; memberikan kesempatan mengenal, mempelajari, menghayati permasalahan sekolah; meningkatkan kemampuan mahasiswa menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai. Pelaksanaan PPL dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi observasi di SMK Karya Rini YHI KOWANI sebagai bahan acuan dalam menyusun program kerja PPL dan pembuatan program kerja PPL secara individu. Program kerja meliputi pemberian layanan mencakup 4 aspek yaitu : pribadi, sosial, belajar, dan karir. Pelaksanaan pemberian layanan bimbingan dan konseling meliputi : (1) Pelayanan dasar yang terdiri dari bimbingan klasikal, pelayanan orientasi, pelayanan informasi, dan pelayanan pengumpulan data (2) Pelayanan responsive yang meliputi konseling individual, kolaborasi dengan wali kelas, kolaborasi dengan lembaga lain, bimbingan teman sebaya, home visit. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat memenuhi target jam yang telah ditetapkan sebanyak masuk minimal 4 kali mengajar terbimbing. Adapun hambatan yang terjadi selama kegiatan PPL adalah tidak tersedianya LCD pada seluruh ruang kelas 3, kurang memperhatikannya siswa saat disampaikan materi layanan sehingga praktikan harus memberikan materi layanan yang lebih interaktif dan inovatif agar siswa lebih memperhatikan materi layanan yang diberikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Bimbingan dan Konseling
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 05:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35970

Actions (login required)

View Item View Item