LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI

Supadmi, Supadmi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_SMK KARYA RINI_SUPADMI_14513247010_FT_PTBUSANA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) merupakan suatu upaya untuk memberikan pelatihan serta pengalaman secara langsung bagi mahasiswa calon guru dalam mengajar di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) yang dilaksanakan penyusun berlokasi di SMK KARYA RINI YHI KOWANI Jalan Laksda Adisucipto No. 86 Depok Sleman Yogyakarta, yang dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 14 Sepetember 2015. Kegiatan PPL diawali dengan persiapan yaitu Obesrvasi Pra PPL, pengajaran mikro di kampus, Pembekalan, Perumusan Program, dan pelaksanaan praktik mengajar di sekolah. Observasi dilakukan pada saat pembelajaran teori dan praktik dengan tujuan untuk mengetahui proses pembelajaran ketika melakasanakan proses belajar mengajar ( KBM ) di kelas. Dalam pelaksanaan observasi maupun praktik pengalaman lapangan didampingi oleh guru pembimbing masing – masing bidang studi. Program kegiatan PPL ini tidak hanya mengajar namun juga ikut mengurus administrasi sekolah. Untuk mengajar meliputi beberapa tahap yakni, pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran ( RPP ), pembuatan hand out atau job sheet, pembuatan media pembelajaran, pembuatan soal, serta mengajar di kelas. Hasil pelaksanaan PPL di SMK Karya Rini adalah praktik membuat 6 buah RPP, 1 hand out, 5 job sheet. Praktik kesempatan mengajar sebanyak 6 kali tatap muka untuk mata pelajaran busana wanita untuk kelas XI tata busana. Materi yang disampaikan adalah pembuatan busana wanita semi tailoring yang diawali dengan pengertain busana semi tailoring, pembuatan fragment saku paspoille dan saku vest, mengutip pola, memotong, menjahit, mengepresan, hingga menentukan harga jual. Untuk administrasi sekolah meliputi piket sekolah dengan kegiatan memastikan KBM berjalan dengan baik dan mencatat siswa yang terlambat sekolah. Dari kegiatan PPL yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa PPL merupakan kegiatan yang ditunjukkan untuk melatih mahasiswa secara langsung bersosialisasi dengan lingkungan sekolah. Kegiatan ini memiliki makna sebagai persiapan untuk melatih mahasiswa jika telah terjun dalam masyarakat sekolah yang sesungguhnya, terutama ketika mengajar. Beberapa program perencanaan mengajar dapat terlaksana dengan baik. Ada beberapa kendala yang dialami ketika praktik, salah satunya adalah waktu praktik kurang banyak sehingga diperlukan jam tambahan di luar jadwal. Hal ini berakibat pada kurang maksimalnya pekerjaan siswa. Dari berbagai pengalaman dan bimbingan baik praktik maupun administrasi pengajaran banyak tambahan pengetahuan dan pengalaman yang sangat berguna bagi penyususn sehingga dapat tercapainya tujuan PPL ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 04:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35967

Actions (login required)

View Item View Item