LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI

Irma Fatmaningrum, Irma Fatmaningrum (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_SMK KARYA RINI_IRMA FATMANINGRUM_12511241035_FT_PTBOGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa bidang boga ini berfokus pada jurusan Akomodasi Perhotelan, hal ini dikarenakan di SMK Karya Rini YHI KOWANI tidak memiliki jurusan Jasa Boga. PPL dilaksanakan untuk melatih mahasiswa dalam mempraktekkan teori dan ilmu praktek yang diperoleh selama kuliah. Selain itu, mahasiswa memperoleh pengalaman nyata, khususnya tentang pelaksanaan pembelajaran baik praktek maupun teori di sekolah. Pelaksanaan PPL ini diawali dengan pengajaran kecil atau micro teaching di kampus dengan teman sebaya sebagai siswa. Setelah mahasiswa melaksanakan pengajaran micro teaching dan dinyatakan lulus, maka barulah dilaksanakan PPL di sekolah yang telah dipilih. Pelaksanaan PPL memerlukan persiapan baik materi teori atau praktik, pengolahan kelas, dan pengolahan waktu. Sebagai langkah awal dalam pelaksanaan PPL diadakan observasi di dalam kelas dan bimbingan dengan guru pembimbing lapangan (GPL) yang telah dilaksanakan pada bulan Februari dan April minggu pertama. Kegiatan PPL secara intensif dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Praktik mengajar didampingi guru pembimbing lapangan. Praktik mengajar jurusan Akomodasi Perhotelan memiliki 3 ruang lingkup mata pelajaran, diantaranya: Layanan Food and Beverage untuk kelas XI, Layanan Ruang Rapat dan K3LH untuk kelas X, dengan total keselurukan kelas ada 4 kelas. Praktikan menyiapkan rencana program pembelajaran (RPP) dan media yang digunakan secara mandiri dengan panduan dari guru pembimbing lapangan dan dosen pembimbing lapangan (DPL). Hasil kegiatan PPL di sekolah SMK Karya Rini YHI KOWANI yaitu mahasiswa praktikan mendapatkan kesempatan untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran sebanyak 20 kali tatap muka dengan materi 9 materi yang berbeda dalam 3 mata pelajaran. Selain itu, mahasiswa juga berkesempatan melakukan kegiatan persekolahan di luar kelas. Hal ini berguna untuk melatih pribadi mahaiswa sebagai calon tenaga pendidik yang sesungguhnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 04:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35958

Actions (login required)

View Item View Item