LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI SLEMAN

Ega Mufliqun, Ega Mufliqun (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12504249002_Ega Mufliqun_PT. Otomotif_Laporan PPL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dikuasainya ke dalam kehidupan pendidikan dalam hal ini adalah sekolah. Pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki tujuan yaitu menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang profesional. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2015 adalah SMK PIRI Sleman, yang beralamat di Jalan Kaliurang KM. 7,8 Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Dalam pelaksanaan PPL yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015, yang merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Ada dua kegiatan yang dilaksanakan yaitu : pertama, kegiatan praktik mengajar yang dimulai dari pembelajaran mikro, bimbingan dengan guru pembimbing, observasi kelas, pembuatan persiapan mengajar sampai tahap pelaksanaan yang meliputi praktik pengajaran terbimbing, dan evaluasi. Pada pelaksanaan mengajar dilaksanakan 5 kali pertemuan selama melaksanakan PPL dengan rincian 3 kali pertemuan teori di kelas dan 2 kali pertemuan praktik di bengkel pada mata pelajaran PPKO di kelas XI-KR B. Kegiatan yang kedua adalah KBM dimana selama praktikan melaksanakan PPL di SMK PIRI Sleman melaksanakan 2 kali piket KBM yaitu pada tanggal 21 Agustus dan 24 Agustus 2015. Hasil dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam pengalaman dalam mengajar di kelas, serta pengalaman bagaimana mengelola administrasi menajerial dibidang keguruan dari sebuah lembaga pendidikan seperti SMK PIRI Sleman. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatanhambatan akan tetapi dengan kerja sama dan komunikasi yang baik hambatanhambatan tersebut dapat teratasi dan dapat menjadi sebuah pengalaman berharga bagi perjalanan menuju kesuksesan dimasa yang akan datang

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK PIRI Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 04:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35949

Actions (login required)

View Item View Item