LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN (Jalan Piyungan, Prambanan , Madubaru , Madurejo , Sleman , Sleman 55572) 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015

Rosita Justianies HC, Rosita Justianies HC (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN (Jalan Piyungan, Prambanan , Madubaru , Madurejo , Sleman , Sleman 55572) 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (691kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di lokasi SMA Negeri 1 Prambanan Sleman yang terletak di Jl. Prambanan-piyungan km.4, Madurejo, Prambanan Sleman dan berlangsung selama kurang lebih 5 minggu, sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial serta memberikan kesempatan untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran Biologi pada khususnya. Kegiatan praktek pengalamam Lapangan (PPL) meliputi kegiatan praktek mengajar dan kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Praktik mengajar dimulai sejak tanggal 10 Agustus 2014 yang dilakukan di kelas X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3 dan X MIA 4 dengan jumlah mengajar selama minimal 4 kali pertemuan (materi pembelajaran berbeda dalam setiap pertemuan). Adapun hasil yang dicapai selama PPL, diperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar umumnya sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meskipun masih terdapat hambatan baik yang bersifat klasikal maupun teknis. Hambatan yang ada dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan pihak yang terkait yaitu guru pembimbing sehingga permasalahan segera dapat diselesaikan. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mahasiswa dapat merasakan secara langsung kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM). Kegiatan PPL ini memberikan manfaat yang sangat besar karena ilmu yang sudah diterima di kampus benar-benar dapat dimanfaatkan dan dibagikan kepada para peserta didik serta praktikan dapat belajar mengelola kegiatan pembelajaran di kelas dengan baik walaupun masih terdapat kekurangan-kekurangan yang ditemui selama kegiatan PPL ini berlangsung. Namun demikian, hal penting dari PPL ini adalah praktikan memperoleh pengalaman yang berharga terkait hubungan kekeluargaan yang terjalin dengan para guru, karyawan dan peserta didik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, sekolah, individu
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 04:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35941

Actions (login required)

View Item View Item