Ely Rusliawati, Ely Rusliawati (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Lokasi : SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN Madubaru, Madurejo, Bokoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Cover.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-3.pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan tersebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta PPL untuk mempraktikan teori-teori yang telah diperoleh selama di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMA Negeri 1 Prambanan yang beralamat di Madubaru Madurejo Bokoharjo Sleman. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA Negeri 1 Prambanan Sleman, praktikan mengajarkan materi Bahasa Jerman kelas XI IIS , XI IIS 3, X IIS 1 dan X IIS 2 semester gasal. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMA Negeri 1 Prambanan Sleman yang dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015 ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Prambanan Sleman, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas XI IIS , XI IIS 3, X IIS 1 dan X IIS 2. Mahasiswa melakukan praktek mengajar dikelas setiap hari Senin jam ke-5-6, dan 7-8, Rabu jam ke-4-5 dan ke-8-9, hari Jumat jam ke-5, hari Sabtu jam ke- 2-3, 6, dan 7-8. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 01 Jul 2016 04:02 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35927 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |