LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 MLATI

Ika Farita Sari, Ika Farita Sari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 MLATI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU_12804244042pdf.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu wahana pembentukan calon guru atau tenaga pendidik yang profesional. Untuk itu, kegiatan PPL bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta PPL untuk mempraktikan teori-teori yang telah dipelajari selama di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMA Negeri 1 Mlati yang beralamat di Cebongan, Tlogoadi, Mlati, Sleman. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA Negeri 1 Mlati, praktikan mengajarkan materi Ekonomi dan Akuntansi kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 semester gasal. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas yang telah dilakukan sebelum penerjunan PPL, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar, serta pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktik mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar dan menjadi acuan ketika melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas agar lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Mlati, penyusun mendapat kesempatan mengajar di kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Peserta PPL melakukan praktik mengajar di kelas setiap hari Senin jam ke-2 s.d. ke-3, Selasa jam ke-7 s.d. ke-8, Rabu jam ke-1 s.d. ke-2, jam ke-7 s.d. ke-8, Jumat jam ke-1 s.d. ke-2, dan Sabtu jam ke5 s.d. ke-6. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Individu, PPL, Program, Pelaksanaan, Hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 03:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35920

Actions (login required)

View Item View Item