LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN (Jalan Piyungan - Prambanan, Madubaru, Madurejo, Prambanan, Sleman) 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015

Asep Santosa, Asep Santosa (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN (Jalan Piyungan - Prambanan, Madubaru, Madurejo, Prambanan, Sleman) 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER,PENGESAHAN, ISI.pdf

Download (994kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu matakuliah wajib bagi program studi kependidikan dan sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan tersebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada Mahasiswa peserta PPL untuk mempraktikan hasil pembelajaran yang telah diperoleh selama di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi yang harus dimiliki bagi seorang pendidik yaitu Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogi, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Kepribadian. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMA Negeri 1 Prambanan yang beralamat di Jalan Piyungan - Prambanan, Madubaru, Madurejo, Prambanan, Sleman. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA N 1 Prambanan Sleman, praktikan mengajarkan materi Penjasorkes Kelas XI dan XII semester gasal. Persiapan yang dibutuhkan sebelum mengajar antara lain, observasi, konsulasi dengan guru pembimbing, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta mempersiapkan media pembelajaran. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMA N 1 Prambanan Sleman yang dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 11 September 2015 ini antara lain dapat menerapkan dan mengembangkan Kompetensi Keguruan, Kependidikan, Pengembangan Materi Pembelajaran, dan menerapkan Metode Pengajaran baru yang diperoleh selamadiperkuliahan Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Prambanan Sleman, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas XI IIS 2 dan 3, Kelas XII IIS 1,2, dan 3 serta kelas XII MIA 1,2,3, dan 4. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL SMAN 1 Prambanan Sleman, PPL UNY ,PPL UNY 2015, UNY, PPLVIGARA
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 03:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35917

Actions (login required)

View Item View Item