LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 MLATI

Dwi Agung Kurniawan, Dwi Agung Kurniawan (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 MLATI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR ppl.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Lampiran PPL.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK PPL.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta merupakan wujud nyata kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan praktikan kondisi lapangan, yaitu sekolah. Untuk itu, kegiatan tersebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta PPL untuk mempraktikan teori-teori yang telah diperoleh selama di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan sesuai dengan disiplin ilmunya. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMA Negeri 1 Mlati yang beralamat di Cebongan, Tlogoadi, Mlati, Sleman. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMAN 1 Mlati, praktikan mengajarkan materi Sejarah kelas X A dan X B semester gasal. Persiapan mengajar yang dibutuhkan yaitu berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan media/perangkat pembelajaran dalam setiap kegiatan praktik mengajar. Disamping iu praktikan juga membuat administrasi guru berupa prota, prosem, silabus, RPP, dan lain sebagainya. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMA Negeri 1 Mlati yang dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015 ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Mlati, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas X A dan X B. Mahasiswa melakukan praktik mengajar dikelas setiap hari jum’at jam ke-1,2 dan hari Rabu jam ke-1,2. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, pembuatan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Individu, PPL, Program, Pelaksanaan, Hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 03:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35916

Actions (login required)

View Item View Item