LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN (Jalan Piyungan, Prambanan , Madubaru , Madurejo , Sleman 55572) 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015

Angela Merici Reni Prasetyaningtyas, Angela Merici Reni Prasetyaningtyas (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN (Jalan Piyungan, Prambanan , Madubaru , Madurejo , Sleman 55572) 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_ANGELA PBSI.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktkkan ilmu yang bersifat teoretis yang telah diterima di perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu yang bersifat faktual, tidak sekedar teoretis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung di lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMA Negeri 1 Prambanan yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 12 September 2015. Mahasiswa PPL diberi kesempatan untuk mengajar Bahasa Indonesia dengan materi Teks Anekdot. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini dilakukan di 4 kelas, yaitu kelas X MIA 1, X MIA 2, X IIS 1, dan X IIS 2. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, inkuiri, ceramah, dan presentasi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain power point materi, teks serta buku paket Bahasa Indonesia. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, di antaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena peserta didik cenderung ramai dan kurang serius dalam mengikuti pembelajaran. Akan tetapi, melalui proses, mahasiswa PPL dapat mengkondisikan kelas dengan cukup baik. Kegiatan PPL memberikan bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah bagi mahasiswa PPL. Adanya kerjasama, kerja keras, dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, pembelaja
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 03:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35912

Actions (login required)

View Item View Item