Rahmat Sulistiyo Kurniawan, Rahmat Sulistiyo Kurniawan (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SLB AUTISMA DIAN AMANAH Jalan Sumberan II No.22 RT 01, RW 21 Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
![]() |
Text
Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi, Abstrak.rtf Download (680kB) |
![]() |
Text
BAB I, II, III, DAPUS.docx Download (35MB) |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mempunyai misi sebagai sarana pembentukan dan peningkatan kemampuan keprofesional. Program Pengalaman Lapangan merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat PPL ini mahasiswa berkesempatan mempraktikkan teori-teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara langsung, tidak sekedar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut, tidak hanya dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan dunia kerja. Kegiatan PPL merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa yaitu dalam bidang pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 yang berlokasi di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta, mulai dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 12 September 2015. Program kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas dan peserta didik. Pemilihan materi, penyusunan media pembelajaran, persiapan media pembelajaran sampai dengan pelaksanaan praktik mengajar di kelas dikonsultasikan dengan DPL dan juga guru pembimbing. Selain itu, mahasiswa juga menyiapkan penilaian ke siswa serta mengadakan tes unjuk kerja dikelas. Kegiatan mengajar menggunakan metode unjuk kerja dan pemberian tugas. Media yang digunakan pada saat mengajar adalah gambar, dimana anak dapat mengekspresikan dirinya melalui gambar dan warna. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan. Adanya kerja sama, kerja keras, disiplin, akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik. Dengan terselesaikanya kegiatan PPL ini diharapkan dapat terciptanya tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kegiatan PPL |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 01 Jul 2016 03:17 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35906 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |