LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SLB AUTISMA DIAN AMANAH Jalan Sumberan II NO.22 RT 01 RW 21 Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta

Hani Nurhasanah, Hani Nurhasanah (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SLB AUTISMA DIAN AMANAH Jalan Sumberan II NO.22 RT 01 RW 21 Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover, Abstrak, Daftar Isi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN hani.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I,II,III,DAFUS.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mempunyai misi sebagai sarana pembentukan dan peningkatan kamampuan keprofesional. Program Pengalaman Lapangan merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat PPL ini mahasiswa berkesempatan mempraktikkan beragam teoriteori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara langsung, tidak sekedar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, tanggung jawab dan ketrampilan yang dibutuhkan. Kegiatan PPL merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa yaitu dalam bidang pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 yang berlokasi di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta, yang dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 12 September 2015. Program kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas dan peserta didik. Pemilihan materi, penyusunan media pembelajaran, persiapan media pembelajaran sampai dengan pelaksanaan praktik mengajar di kelas dikonsultasikan dengan DPL dan juga guru pembimbing. Selain itu, mahasiswa juga menyiapkan penilaian ke siswa serta mengadakan tes kerja dikelas. Program mengajar menggunakan metode tanya jawab, unjuk kerja, dan pemberian tugas. Dimana anak dapat mengekspresikan dirinya melalui kegiatan menulis, membaca, menggambar, mewarnai atau mengenal warna. Dengan adanya kegiatan PPL ini, TIM PPL dapat bekal pangalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan yang sesungguhnya. Dalam pelaksanaan PPL diperlukan adanya kerja sama, kerja keras, dan disiplin, akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik. Dengan terselesaikanya kegiatan PPL ini diharapkan dapat terciptanya tenaga pendidik yang professional dan berkualitas guna memajukan pendidikan anak bangsa tanpa adanya perbedaan dan diskriminasi bagi anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Autisma, kegiatan pembelajaran, administrasi, manajemen, sekolah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 03:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35895

Actions (login required)

View Item View Item