LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SLB AUTISMA DIAN AMANAH Jalan Sumberan II NO. 22 RT 01 RW 21 Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta

DHIKI YULIA MAHARADANI, DHIKI YULIA MAHARADANI (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SLB AUTISMA DIAN AMANAH Jalan Sumberan II NO. 22 RT 01 RW 21 Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
DHIKI.zip

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan merupakan suatu progam yang dirancang untuk melatih mahasiswa calon guru dalam menguasai kemampuan keguruan secara utuh dan terintegrasi sehingga setelah menyelesaikan pendidikan mereka mempunyai keterampilan sebagai tenaga profesional kependidikan dan siap untuk secara mandiri mengembangkan tugas sebagai guru. Kegiatan PPL dalam jurusan pendidikan luar biasa dibagi menjadi dua yaitu PPL 1 dan PPL 2. Kegiatan PPL II merupakan hasil dari implementasi kegiatan PPL 1 yang sebelumnya yang meliputi kegiatan observasi dan asesmen kebutuhan dan potensi yang dimiliki siswa kemudian disusun sebuah Rencana Progam Pembelajaran (RPP). RPP yang telah dibuat oleh mahasiswa diaplikasikan dalam praktik mengajar pada PPL 2. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 12 September 2015. Dalam PPL 2 ini dilakukan praktik mengajar kepada siswa sesuai dengan pembagian ketika PPL 1. Melalui kegiatan PPL ini mahasiswa mempunyai kesempatan untuk belajar menerapkan dan mempraktikkan ilmu yang telah dipelajari di bangku perkuliahan serta mendapat pengalaman baru memberikan materi langsung kepada anak berkebutuhan khusus yang mungkin tidak akan di dapat ketika mempelajari teori di universitas. Program mengajar menggunakan metode tanya jawab dan pemberian tugas. Metode yang digunakan pada saat mengajar adalah gambar, dimana anak dapat mengekspresikan dirinya melalui gambar dan warna. Kegiatan belajar yang dilakukan adalah pembelajaran di kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 02:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35891

Actions (login required)

View Item View Item