HUBUNGAN PARTISIPASI ORANGTUA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Meilyani, Eka (2016) HUBUNGAN PARTISIPASI ORANGTUA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12413241024.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena orang tua masa kini yang semakin kurang memperhatikan pendidikan anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh partisipasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan stratified random sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 92 siswa SMA Negeri 1 Karanganom meliputi kelas X, XI, dan XII. Pengumpulan data menggunakan data primer berupa angket dan data sekunder berupa profil sekolah, rekap nilai semester genap, dan dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri dari 31 butir pernyataan partisipasi orang tua. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dengan menggunakan SPSS ver. 20 dan ditampilkan dalam bentuk tabel serta grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Partisipasi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif siswa SMA Negeri 1 Karanganom. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan pada aspek kognitif memiliki nilai thitung > ttabel (4,240 > 1,980) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,408, pada aspek psikomotori memiliki thitung > ttabel (5,017 > 1,980) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,467, dan pada aspek afektif memiliki nilai thitung > ttabel (3,579 > 1,980) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,353. 2) Partisipasi orang tua memberikan pengaruh 15,7% pada prestasi belajar aspek kognitif, 21% pada prestasi belajar aspek psikomotorik, dan 11,5% pada prestasi belajar aspek afektif siswa SMA Negeri 1 Karanganom. Berdasarkan penelitian tersebut, sekolah dan orang tua dari siswa SMA Negeri 1 Karanganom perlu lebih menggiatkan partisipasi orang tua agar prestasi belajar yang diraih siswa dapat lebih optimal baik dalam aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif. Kata kunci: partisipasi orang tua, prestasi belajar, SMA Negeri 1 Karanganom

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 01 Jul 2016 02:48
Last Modified: 30 Jan 2019 09:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35888

Actions (login required)

View Item View Item