Mobilitas Sosial Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Ponorogo (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Keniten Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponogoro)

Sari, Rizal Asmara (2016) Mobilitas Sosial Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Ponorogo (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Keniten Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponogoro). S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12413241002.swf

Download (10MB)

Abstract

Fenomena munculnya banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kelurahan Keniten menimbulkan perubahan dalam kehidupan masyarakat baik dari segi sosial maupun ekonomi serta berpengaruh terhadap mobilitas sosial dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi masyarakat bekerja sebagai TKI, perubahan keadaan sosial dan ekonomi masyarakat sebelum dan sesudah bekerja sebagai TKI, serta pengaruh bekerja sebagai TKI terhadap mobilitas sosial dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dijabarkan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, subjek penelitian tersebut adalah masyarakat Kelurahan Keniten yang sedang bekerja sebagai TKI dan mantan TKI, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo. Adapun validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber, serta analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi masyarakat bekerja sebagai TKI yakni karena kurangnya kesempatan kerja di dalam negeri, dorongan orang tua, sulitnya mencari pekerjaan, kesempatan kerja yang luas serta gaji yang lebih besar di luar negeri, munculnya jaringan TKI di beberapa negara, serta faktor keberhasilan generasi pendahulu dalam membangun kehidupan ekonomi rumah tangga dengan bekerja sebagai TKI. Selain itu, adanya perubahan sosial ekonomi pada masyarakat Kelurahan Keniten setelah mereka menjadi TKI, hal tersebut terlihat dengan adanya perubahan dalam segi sosial berupa perubahan interaksi sosial, status sosial, gaya hidup, keadaan sosial, kesenjangan sosial, tingkat pendidikan dan tingkat kesehatan. Sedangkan perubahan dalam segi ekonomi terlihat dengan adanya perubahan dalam bentuk pekerjaan, tingkat pendapatan, kesempatan kerja, pemenuhan kebutuhan hidup, dan aset yang dimiliki. Pekerjaan sebagai TKI dirasakan memiliki dampak positif terhadap mobilitas sosial di dalam masyarakat dimana hasil penelitian ini memperlihatkan adanya mobilitas sosial naik yang terjadi dalam rumah tangga TKI, khususnya dari aspek peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat yang diperoleh dari tingkat pekerjaan dan penghasilan yang mengalami peningkatan dari kondisi semula sebelum menjadi TKI dan kondisi masyarakat setelah menjadi TKI. Kata Kunci : TKI, Mobilitas Sosial, Perubahan Sosial Ekonomi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 01 Jul 2016 02:42
Last Modified: 30 Jan 2019 09:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35884

Actions (login required)

View Item View Item