LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 4 NGAGLIK JL. Palagan Tentara Pelajar, Wonorejo, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, DIY

Pandu Prapanca, Pandu Prapanca (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 4 NGAGLIK JL. Palagan Tentara Pelajar, Wonorejo, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, DIY. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.cover.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.bab 1-3.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan dan Konseling di Sekolah merupakan salah satu kegiatan latihan yang bersifat intrakurikuler sehingga harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling. Kegiatan ini dalam rangka peningkatan ketrampilan dan pemahaman mengenai berbagai aspek kependidikan dan pemberian berbagai bentuk program layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan oleh seorang guru pembimbing, dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan layanan bimbingan di sekolah yang profesional. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal10Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015.PPL dilaksanakan di SMP Negeri 4 Ngaglik yang berlokasi di jalan Palagan Tentara Pelajar, Sariharjo Ngaglik. Selama kegiatan, praktikan melaksanakan berbagai program kerja yang bertujuan untuk memfasilitasi proses bimbingan dan pengoptimalan potensi siswa. Program yang dilaksanakan antara lain layanan orientasi, layanan informasi, bimbingan kelompok, konseling kelompok, dan kegiatan aplikasi instrumen yang dilaksanankan di empat kelas yaitu kelas IX A,B,C,D. Praktik layanan orientasi dan informasi umumnya dilakukan dengan metode bimbingan klasikal. Praktik layanan aplikasi instrumen dilakukan melalui analisis IKMS dan sosiometri Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan. Layanan bimbingan klasikal mampu dilakukan sebanyak empat kali. Hambatan secara umum adalah dalam pengkodisian siswa-siswi yang dapat diatasi dengan membuat kontrsk belajar diawal masuk jam layanan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Bimbingan dan Konseling
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 02:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35881

Actions (login required)

View Item View Item