LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN BIMBINGAN DAN KONSELING SMP NEGERI 4 NGAGLIK Periode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015

Maulana Taufiqurrohman, Maulana Taufiqurrohman (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN BIMBINGAN DAN KONSELING SMP NEGERI 4 NGAGLIK Periode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Cover Laporan Individu Maul.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI M.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab I - III Maul.pdf

Download (466kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMP Negeri 4 Ngaglik mulai tanggal 10 Agustus s/d 12 September 2015. PPL ini bertujuan untuk melatih siswa agar memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan. Pengalaman tersebut dapat digunakan sebagai bekal pengembangan diri sebagai tenaga pembimbing dan pendidik yang profesional. Pengalaman yang diperoleh praktikan selama pelaksanaan PPL ini meliputi pengalaman pemberian layanan bimbingan dan konseling khususnya bimbingan klasikal meliputi bimbingan sosial, pribadi, belajar dan karir. Praktikan juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai pengelolaan administrasi BK, pengelolaan administrasi sekolah, perpustakaan, hingga UKS. Melalui pengalaman-pengalaman tersebut praktikan menjadi mengerti dan dituntut untuk terampil dalam mengerjakan kegiatan administrasi sekolah khususnya BK. Di SMP Negeri 4 Ngaglik, mahasiswa melakukan bimbingan sebanyak 16 kali yaitu di kelas VII A, VII B, VII C, VII D, dan VIII C. Dari pemberian bimbingan klasikal tersebut praktikan mendapat kesempatan untuk belajar menghadapi siswa dari berbagai macam latar belakang dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Praktikan juga melaksanakan home visit dimana praktikan datang kerumah siswa untuk mencari informasi terkait masalah siswa.selain itu untuk mengetahui sejauh apa hubungan pertemanan siswa, praktikan melaksanakan progam sosiometri. Selain itu praktikan juga belajar bersosialisasi, berinteraksi dan bekerja sama dengan seluruh guru maupun karyawan yang ada di SMP Negeri 4 Ngaglik. Dalam hal tersebut praktikan belajar untuk menjadi seorang konselor yang profesional. Dalam melaksanakan kegiatan PPL,hambatan yang dialami yaitu keterbatasan waktu disekolah sehingga tidak semua progam dapat dilaksanakan. Praktikan baik kelompok maupun individu berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan tugas dan berusaha menjalin kerjasama dengan semua pihak yang terkait demi kelancaran proses PPL tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: praktik ppl 2015, bimbingan konseling
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 02:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35880

Actions (login required)

View Item View Item