LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 4 NGAGLIK

Husna Rahmayunita, Husna Rahmayunita (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 4 NGAGLIK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HUSNA RAHMAYUNITA_PBSI_12201244001.pdf

Download (851kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan untuk meningkatkan pengalaman dan keterampilan mahasiswa agar dapat langsung merasakan dan menyelesaikan berbagai masalah maupun kendala yang seringkali muncul di lapangan terutama yang berkaitan dengan pendidikan danpembelajaran di sebuah lembaga atau sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini perpaduan kegiatan yang bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan. Penempatan mahasiswa di lokasi PPL diharapkan mampu meningkatkan skill mahasiswa. PPL merupakan sarana belajar menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang harus dimiliki. Program kegiatan PPL yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015 di SMP Negeri 4 Ngaglik yang terletak di Tentara Pelajar, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. ini telah terkoordinir dengan baik antara mahasiswa, guru, sekolah serta Dosen Pembimbing Lapangan sehingga pelaksanaan praktik mengajar dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Dalam melaksanakan PPL yaitu praktik mengajar, praktikan telah melakukan praktik mengajar sebanyak 16 kali dengan pemberian tugas sebanyak 4 kali. Sebelum praktik mengajar, praktikan harus membuat Perangkat Pembelajaran yaitu menyiapkan materi, membuat media pembelajaran, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta mempelajari materi yang akan diajarkan kepada siswa. Hambatan yang dirasakan paling sulit diatasi adalah menghadapi siswa yang ramai dan tidak memperhatikan saat proses pembelajaran berlangsung. Untuk itu, praktikan selalu berusaha mengingatkan siswa yang ramai dan berusaha menarik perhatian siswa dengan metode mengajar, misalnya dengan pemberian motivasi dan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Evaluasi pembelajaran yang digunakan adalah dengan pemberian tugas dalam setiap kali pertemuan. Kegiatan PPL ini memberikan pemahaman kepada praktikan bahwa menjadi seorang guru/tenaga pendidik itu tidaklah mudah karena banyak hal-hal yang harus dipelajari untuk menjadi guru yang profesional. Praktikan kini lebih menyadari pentingnya profesi seorang guru dan betapa besarnya jasa guru-guru dalam membimbing siswanya

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program kerja, SMP N 4 Ngaglik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 02:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35877

Actions (login required)

View Item View Item