LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 TEMPEL Banjarharjo, Pondokrejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta Telepon (0274)

ZULAIKHA, ZULAIKHA (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 TEMPEL Banjarharjo, Pondokrejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta Telepon (0274). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Zulaikha_12405244013.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Tempel telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus - 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 16 mahasiswa dari 8 program studi, yaitu Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Biologi Kelas Internasional, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Fisika,dan Pendidikan Kewarganegaraan. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya yang ada di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi pembuatan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi,analisis hasil evaluasi serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 13 Agustus 2015 sampai dengan 3 September 2015, dilakukan sebanyak 14 kali pertemuan di kelas XA, XB, XC, dan XD . Pokok bahasan yang diajarkan meliputi hakikat geografi yang berisi materi pengertian geografi, objekgeografi, ilmu bantu geografi, ruanglingkup geografi, konsep geografi, pendekatan geografi, prinsip geografi dan aspek geografi. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA N 1 Tempel, Pendidikan Geograf
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 02:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35872

Actions (login required)

View Item View Item