LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 TEMPEL (Banjarharjo, Pondokrejo, Tempel, Sleman 55572) 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015

Tutut Sari Handayani, Tutut Sari Handayani (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 TEMPEL (Banjarharjo, Pondokrejo, Tempel, Sleman 55572) 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tutut Sari Handayani_12302241001.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam membentuk calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan tersebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa PPL untuk mempraktikan teoriteori yang telah diperoleh selama pembelajaran di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMA Negeri 1 Tempel yang beralamat di Banjarharjo, Pondokrejo, Tempel, Sleman. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMAN 1 Tempel, praktikan mengajarkan mata pelajaran Fisika kelas X-B, X-C, XI IPA 1, XI IPA 2, XII IPA 1, dan XII IPA 2 pada semester gasal. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. RPP Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMA Negeri 1 Prambanan yang dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015 ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Prambanan, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas X-B, X-C, XI IPA 1, XI IPA 2, XII IPA 1, dan XII IPA 2. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: mengajar, PPL, fisika, sekolah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 02:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35870

Actions (login required)

View Item View Item