IMPLEMENTASI METODE KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI SISWA KELAS X-5 SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

TRIWICAKSONO, D. ODHI ROCHMAN (2016) IMPLEMENTASI METODE KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI SISWA KELAS X-5 SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12406244009.swf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Full 12406244009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta di kelas X-5 mempunyai keaktifan dan prestasi pembelajaran sejarah yang rendah. Penyebabnya adalah siswa tidak memiliki buku paket sejarah dan tidak memperhatikan jalannya pembelajaran. Metode pembelajaran guru sejarah masih dominan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model yang digunakan adalah model Kemmis, S. & Taggart, R. Penelitian dilakukan selama dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan. Tahapan setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan pre test, post test, angket, observasi, dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penggunaan metode Rotating Trio Exchange di kelas X-5 SMA Negeri 7 Yogyakarta menunjukan peningkatan keaktifan dan prestasi siswa. Keaktifan siswa pada siklus I yaitu 79,13,% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,33%. Keaktifan siswa ditunjukan dalam berdiskusi dan bertukar pendapat selama presentasi. Hasil prestasi siswa dengan indikator rata-rata nilai ulangan pada siklus I yaitu 77,58 dan pada siklus II mencapai 84,67, daya serap siswa pada mata pelajaran sejarah di siklus I yaitu 89,65% termasuk kategori sangat tinggi dan siklus II meningkat menjadi 100% termasuk kategori sangat tinggi. Nilai siswa sesuai kriteria ketuntasan minimal pada siklus I yaitu 72,41% meningkat menjadi 90% di Siklus II. Peningkatan prestasi pada siklus kedua, siswa mampu menjawab soal selama diskusi, serta berani memberikan tanggapan terhadap pertanyaan maupun pendapat dari siswa lainnya. Hasil-hasil tersebut menunjukan bahwa metode Rotating Trio Exchange berhasil meningkatkan keaktifan dan prestasi siswa Kelas X-5 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Kata kunci: Rotating Trio Exchange. Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 01 Jul 2016 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 09:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35855

Actions (login required)

View Item View Item