LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 TEMPEL Banjarharjo Pondokrejo Tempel Sleman Yogyakarta 55552

JATU RASIDITA, JATU RASIDITA (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 TEMPEL Banjarharjo Pondokrejo Tempel Sleman Yogyakarta 55552. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Jatu Rasidita_12405241060.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Tempel telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 16 mahasiswa dari 8 program studi, yaitu Pendidikan Geografi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya yang ada di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi pembuatan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal ulangan harian, pembuatan soal ulangan tengah semester, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 13 Agustus sampai dengan 5 September 2015, dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan di kelas XI IPS 2 dan 4 kali di kelas XI IPS 1. Pokok bahasan yang diajarkan adalah materi biosfer. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL yakni praktikan masih kurang dalam pengkondisian kelas, selama pembelajaran berlangsung seringkali praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa terutama saat menerangkan materi karena ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan. Ketika siswa diberikan pertanyaan seputar materi yang telah diajarkan, hanya beberapa siswa saja yang merespon, dengan begitu harus diberikan nilai plus pada siswa yang menjawab sehingga siswa lain tertarik untuk memberikan jawabannya pula. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY, SMA NEGERI 1 Tempel, Pendidikan Geograf
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 01:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35854

Actions (login required)

View Item View Item