LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PI AMBARUKMO 1 SLEMAN

Teguh Indrasani Juniartha, Teguh Indrasani Juniartha (2015) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PI AMBARUKMO 1 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TEGUH INDRASANI J. (10207244028) PEND.SENI KERAJINAN.pdf

Download (909kB) | Preview

Abstract

Progrma Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu caramengenalkan mahasiswa dengan dunia pekerjaan yang sebenarnya. Program PPL memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan. Mata kuliah PPL mempunyai sasaran utama yaitu masyarakat sekolah, baik dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang sangat mengesankan bagi mahasiswa,terutama dalam hal pengalaman pembelajaran. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMK PI AMBARRUKMO 1 Sleman beralamat di Jalan Cenderawasih No. 125, Mancasan Lor, Depok, Sleman, DIY dan berlangsung daritanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan yang dilakukanpraktikan pada PPL kali ini yaitu mengajar Mata Pelajaran Seni Rupa Kerajinan kelas X AP 1, X AP 2, XI AP 1 dan XI AP 2. Rancangan kegiatan PPL terdiri dari persiapan PPL, pelaksanaan PPL,dan penyusunan laporan. Persiapan Praktik Mengajar meliputi: observasi pembelajaran di kelas yaitu persiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana yang dilaksanakan pada tanggal Februari 2015, pembuatan persiapan mengajar yaitu persiapan diri dan pembuatan perangkat pembelajaran seperti: RPP, tugas harian dan praktek pembuatan produk. Pelaksanaan Praktik Mengajar meliputi: observasi lapangan dan observasi proses belajar mengajar, penerjunan dilakukan pada tanggal Februari 2015,kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanggal 12 Agustus - 5 September 2015 yaitu di kelas X AP 1, X AP 2, XI AP 1 dan XI AP 2. Maka dari itu kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan Pancasila yang mana pada kegiatan PPL ini praktikan dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar, bukan hanya dalam bangku perkuliahan tetapi juga ilmu akademis yang lain yang erat kaitannya dengan Pelajaran Seni Rupa Kerajinan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL, SMK PI AMBARRUKMO 1 Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 08:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35834

Actions (login required)

View Item View Item