LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SDN MINOMARTANI 1

WAHIDATUL ARIFAH, WAHIDATUL ARIFAH (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SDN MINOMARTANI 1. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
WAHIDATUL ARIFAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2015 memberikan kesempatan bagi mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SDN Minomartani 1 merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Tujuan dari program Praktik Pengalaman Lapangan adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan keprofesionalan dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar team sebanyak 1 kali yang dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2015, praktik mengajar terbimbing sebanyak 4 kali, yang dilaksanakan mulai tanggal 20, 23, 27 Agustus dan 1 September 2015 dan praktik mengajar mandiri sebanyak 1 kali yang dilaksanakan pada tanggal 4 September 2015. Selain itu dilaksanakan pula ujian praktik mengajar sebanyak dua kali pada tanggal 11 dan 12 September 2015. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi pembekalan dan orientasi pengajaran mikro, pengamatan AVA, praktik pengajaran mikro, observasi pembelajaran, dan membuat persiapan mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap analisis hasil berisi hasil pelaksanaan, hambatan, solusi, dan refleksi. Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar, SD Bakulan
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 30 Jun 2016 07:51
Last Modified: 30 Jun 2016 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35817

Actions (login required)

View Item View Item